Peran Marketing Research

image

Tugas dari riset pemasaran (Marketing Research) adalah untuk menyediakan manajemen dengan informasi yang relevan, akurat, handal, valid, dan paling update. Karena akan sangat banyak keputusan strategis dan taktis dalam proses mengidentifikasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan yang harus dibuat berdasarkan hasil riset tersebut. Mulai dari membuat keputusan tentang peluang potensial, pemilihan target pasar, segmentasi pasar, perencanaan dan penerapan program pemasaran, kinerja pemasaran serta kontrol. Dalam pembuatan keputusan tersebut akan sangat rumit karena harus memperhatikan interaksi antara variabel terkontrol dari produk, harga, promosi, dan distribusi. Kerumitan lain juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang tak terkendali seperti kondisi umum ekonomi, teknologi, kebijakan publik dan hukum, lingkungan politik, persaingan, dan perubahan sosial budaya. Faktor lain dalam campuran ini adalah kompleksitas konsumen.

Tapi dengan adanya riset pemasaran akan sangat membantu manajer pemasaran dalam menghubungkan variabel pemasaran dengan lingkungan dan konsumen. Ini membantu menghapus beberapa ketidakpastian dengan menyediakan informasi yang relevan tentang variabel pemasaran, lingkungan, dan konsumen. Program riset pemasaran yang sedang berlangsung memberikan informasi tentang faktor-faktor terkendali dan tidak terkendali serta konsumen dengan informasi ini meningkatkan efektivitas keputusan yang dibuat oleh manajer pemasaran.

Agar memudahkan proses pengambilan keputusan anda dapat menggunakan kerangka kerja DECIDE model. DECIDE model ini melalui enam langkah kerja. Pertama proses pengambilan keputusan dimulai dengan secara rinci mendefinisikan masalah atau kesempatan, bersama dengan tujuan dan kendala. Berikutnya, menyebutkan faktor keputusan mungkin yang membentuk program alternatif tindakan (faktor terkendali) dan ketidakpastian (faktor tak terkendali). Kemudian, mengumpulkan informasi yang relevan pada alternatif dan hasil yang mungkin. Langkah berikutnya adalah untuk mengidentifikasi dan memilih alternatif terbaik berdasarkan kriteria atau ukuran keberhasilan yang dipilih. Kemudian rencana rinci untuk mengembangkan dan menerapkan alternatif yang dipilih seperti bagaimana akan dikembangkan dan diberlakukan. Lalu, hasil dari keputusan dan proses keputusan tersebut dievaluasi.

Thu, 5 Oct 2017 @11:15

Copyright © 2019 PT. BINA MANAJEMEN GLOBAL · All Rights Reserved
powered by sitekno